Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Jumat 22 Januari 2021

Renungan Hari Jumat 22 Januari 2021

Renungan Hari Jumat 22 Januari 2021

KITA SEMUA ADALAH ORANG TERPANGGIL

Ketika dalam kehidupan menggereja, kita mendengar kata “panggilan”, maka spontan yang terlintas dalam pikiran kita ialah “orang-orang berjubah” entah itu pastor/romo, frater, bruder maupun suster. 

Ada suatu kesan umum di antara umat beriman, bahwa yang dimaksud dengan panggilan itu ialah ketika orang memilih jalan hidup khusus menjadi rohaniwan-rohaniwati. Kesan umum ini bisa jadi membuat banyak orang Kristen merasa bahwa tugas mewartakan Injil itu hanya menjadi tugas para rohaniwan-rohaniwati.

Bacaan hari ini mengangkat kisah tentang panggilan murid-murid Yesus. Mereka dipanggil dari latar belakang yang berbeda dengan karakter mereka masing-masing. Mereka dipanggil dengan tugas khusus yaitu menyertai Yesus dan memberitakan Injil. 

Dalam Kitab Suci dikatakan bahwa ternyata murid-murid Yesus ini tidak hanya dua belas orang saja, tapi ada kelompok besar lain murid-murid Yesus yang juga diutus untuk mewartakan Injil. Sesudah kebangkitan-Nya, Yesus bahkan menyatakan dengan lugas, “pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus”

Kita dipanggil dengan berbagai macam latar belakang dan profesi kita. Kita diberi misi dan tugas yang sama: menyertai Dia dan mewartakan Injil. Tugas ini secara lebih jelas diajarkan oleh Gereja kepada kita, bahwa mereka yang terbaptis menerima martabat imamat rajawi. 

Kita dipanggil untuk mewartakan Injil dalam tugas sebagai imam, nabi dan raja. Sebagai imam, kita menguduskan diri dan sesama melalui doa-doa dan berbagai tindakan pengudusan. 

Sebagai nabi, kita diutus untuk mewartakan Injil lewat kata dan tindakan kita, termasuk dengan tegas dan konsisten menyatakan sesuatu sebagai salah atau benar. Sebagai raja, kita diutus untuk memimpin diri dan sesama kita untuk senantiasa mengarahkan hati dan pikiran kepada jalan keselamatan. (ST).

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Jumat 22 Januari 2021"