Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Minggu 03 Januari 2021

Renungan Hari Minggu 03 Januari 2021

Renungan Hari Minggu 03 Januari 2021

Menemukan kehadiran Allah

Pada hari ini kita merayakan hari raya Penampakan Tuhan, atau yang dikenal juga  dengan hari raya Epifani. Ini adalah hari raya di mana kita merayakan manifestasi Tuhan atau penyertaan keselamatan Tuhan kepada semua bangsa. Karenanya pada perayaan ini kita mendapatkan warta berupa kisah tentang orang Majus atau tiga orang bijak dari Timur yang mengikuti petunjuk bintang, sebagai bintang penanda tempat kelahiran Yesus, untuk bertemu dengan Yesus Juruselamat.

Alkitab tidak mengatakan apapun tentang identitas dan latar belakang tiga orang bijak atau orang Majus itu. Tak mengherankan tradisi kekristenan berupaya menginterpretasi mereka itu berpadanan dengan kisah Injil. Kalau Injil Matius menggambarkan bahwa mereka datang dari Timur menuju Yerusalem, sudah barang tentu mereka menempuh perjalanan panjang yang memakan waktu, tenaga dan biaya yang tidak kecil, dan itu memperjelas siapa mereka itu. 

Amatilah mungkin mereka berasal dari strata masyarakat kelas atas. Perjalanan yang ditempuh itu bukanlah berasal dari informasi manusia, melainkan berdasarkan petunjuk bintang. Hal itu tentu menggambarkan bahwa mereka berasal dari latar belakang ilmu  perbintangan. Karenanya layaklah kalau mereka disebut para sarjana menurut ukuran zaman itu. Kenyataan bahwa mereka membawa persembahan yang amat berharga bagi Yesus, yakni emas, kemenyan dan mur, tentu menggambarkan bahwa mereka itu berasal dari kaum kerajaan, dan karena itu mereka disebut sebagai tiga raja dari Timur. 

Ketiadaan nama mereka dalam Kitab suci, tak mengurungkan niat orang-orang Kristen untuk menyebut mereka dengan tiga nama yakni Kaspar, Melkior dan Baltsar. Kemudian ketiga raja itu diberi warna: merah, coklat dan hitam. Kesemuanya menggambarkan satu pesan utama bahwa orang-orang dari seluruh dunia, dengan pelbagai warna kulit yang berbeda, datang kepada Yesus. Maka kisah para sarjana dari Timur ini adalah awal dari sejarah semua bangsa datang dan percaya kepada Kristus. Lewat bintang keselamatan itu, 

Tuhan mengungkapkan diri-Nya kepada segala bangsa dan kepada semua generasi manusia lintas batas ras, suku, golongan, bangsa dan bahasa, suatu undangan universal bagi dunia agar bergerak berjalan menuju keselamatan.

Sebagai orang beriman, kita menarik makna dari Hari Raya Penampakan Tuhan ini bahwa pada saat ini, kepada kita pun, sebagai bagian dari generasi bangsa manusia di dunia ini, dalam latar belakang dan golongan apa saja, Tuhan mau menyatakan diri-Nya kepada kita semua. Ia menyatakan diri-Nya dalam keluarga kita, pekerjaan kita, relasi dan komunikasi, setiap pertemuan dan kebersamaan kita. 

Ada banyak bintang kehidupan yang menjadi signal atau penanda kehadiran Tuhan atau manifestasi Tuhan ditengah-tengah kita. Satu hal yang patut kita upayakan, yakni bahwa kita perlu mencari jalan berjumpa dengan Yesus yang lahir untuk kita, membawa keselamatan di tengah kita. Kita perlu mencari Yesus, bukan lagi seperti dulu di Betlehem tanah Yudea, tetapi di Betlehem kehidupan kita yang konkrit.

Seperti para sarjana dari Timur, kita melakukan perjalanan panjang, sepanjang umur hidup kita, agar berjumpa dengan Kristus dalam kehidupan kita setiap hari. Terkadang bintang muncul, terkadang menghilang. 

Terkadang kita menemukan terang dalam hidup kita, di mana Yesus dekat dengan  kita. Kadang-kadang kita hidup dalam kegelapan, ketika terang itu sepertinya lenyap. Terkadang kita bertemu dengan kebahagiaan dalam keluarga kita, terkadang dengan derita; terkadang sukses dan terkadang kegagalan. Tetapi kita perlu mengikuti Kristus sepanjang  hari. 

Terkadang kita dicintai, terkadang dibenci. Tapi kita harus bertahan dalam mengikuti petunjuk keselamatan, yakni bintang keselamatan kita sekarang ini, yakni Firman Tuhan, ekaristi dan doa, untuk dapat bertemu dengan-Nya dan memberikan hadiah kita kepada-Nya, terutama persembahan hati dan hidup kita yang selaras dengan keselamatan. (VU)

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Minggu 03 Januari 2021"