Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Rabu 13 Januari 2021

Renungan Hari Rabu 13 Januari 2021

Renungan Hari Rabu 13 Januari 2021

Makna Penderitaan

Seringkali ada ibadat-ibadat yang menawarkan penyembuhan: Misa penyembuhan atau KKR Penyembuhan, atau semacam itu. Banyak orang rela datang dari tempat yang jauh, meluangkan banyak waktu, dan mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya transportasi, makan-minum dan lain-lain. 

Orang sakit sangat berharap untuk disembuhkan. Orang yang ditimpa masalah ingin masalahnya diselesaikan secara ajaib. Orang sehat ingin melihat mukjizat.

Pada zaman Yesus juga demikian. Yesus bisa menyembuhkan orang dari berbagai penyakit fisik dan mengusir setan dari orang yang kerasukan. Dalam bacaan Injil dilaporkan, Yesus menyembuhkan mertua Simon. Lalu orang-orang yang sakit dan kerasukan setan juga disembuhkan-Nya.

Sakit adalah pengalaman yang mengganggu dan tidak mengenakkan. Hidup menjadi tidak nyaman. Sakit mengakibatkan penderitaan. Wajar bila orang ingin disembuhkan penyakitnya dengan cara apa pun. 

Bagi kita, mengupayakan kesembuhan dan mengatasi penderitaan merupakan hak dan sekaligus kewajiban, yaitu hak dan kewajiban untuk merawat hidup yang dianugerahkan oleh Allah. Apabila direnungkan, penderitaan memberi hikmah. Pertama, kita menjadi sadar bahwa kesehatan itu sangat penting dan hidup itu sangat berharga. Hidup itu semata-mata anugerah Allah.

Kedua, penderitaan mengajar kita untuk rendah hati. Kita mengakui bahwa hidup ini tidak senantiasa ada dalam kuasa kita untuk mengaturnya. Dengan rendah hati, kita bisa bersikap pasrah kepada Allah, kita diundang untuk mempersembahkan penderitaan dan daya upaya yang telah kita tempuh. Yesus tidak menyembuhkan semua orang sakit yang datang kepada-Nya.

Ketiga, pengalaman akan penderitaan mengajarkan rasa setia kawan. Kita bisa menjadi lebih memahami orang lain yang sedang menderita. Kita akan terdorong menawarkan bantuan sesuai dengan kemampuan dan kerelaan untuk turut meringankan beban mereka. Atau sekurang-kurangnya, kita terdorong untuk tidak menambah beban penderitaan orang lain. 

Yesus menjadi contoh sebagaimana dikatakan oleh bacaan pertama. “ sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai”. (Ibr. 2:18).(AT)

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Rabu 13 Januari 2021"