Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Rabu 20 Januari 2021

Renungan Hari Rabu 20 Januari 2021

Renungan Hari Rabu 20 Januari 2021

Berbelas kasih adalah Sabat bersama Yesus. Ketika terjadi wabah Covid- 19 banyak orang menjadi kaget karena apa yang dibanggakan dalam beragama selama ini: gedung yang indah, liturgi yang syahdu, dan ornament yang indah, tampak tidak ada artinya lagi. 

Meskipun demikian, hal yang sangat mendasar dan tidak hilang dari makna keimanan kita, yaitu belas kasih dan solidaritas. Banyak sekali perbuatan-perbuatan kasih terjadi di dalam Gereja baik personal, komunitas maupun lembaga. 

Meski tidak berliturgi publik makna menjadi Katolik tidak hilang: belas kasih dan solidaritas masih menyala-nyala.

Beda jauh dengan peristiwa Sabat dalam Injil hari ini. Keberadaan seorang yang mati tangannya sebelah dijadikan objek oleh para pemimpin agama Yahudi. Mereka berharap agar Yesus menyembuhkannya, sehingga Yesus dipersalahkan karena melanggar hukum Sabat. 

Meski tidak diutarakan, Yesus tahu pikiran mereka. Yesus meminta orang yang mati sebelah tangannya itu untuk berdiri di tengah-tengah. Orang tersebut tidak menunjukkan indikasi bahwa ia sedang sekarat, tetapi Yesus menyembuhkannya. Melalui tindakan ini, Yesus menyatakan bahwa Dia adalah Tuhan atas hari Sabat.

Yesus bertanya: “Apa yang harus dilakukan pada hari Sabat agar berbuah: Berbuat baik dan menyelamatkan orang atau berbuat jahat dan membunuh orang?”Akan tetapi, karena tidak mau percaya pada Yesus, mereka tetap diam. 

Sama seperti kita menjadi tidak percaya kepada Yesus kita hanya berhenti dan diam. Liturgi menjadi indah dan dasar belas kasih ketika dilanjutkan dalam perbuatan belas kasih. Berdoa saja tanpa berbuat apa-apa ketika ada penderitaan adalah a  seperti orang Farisi. 

Orang-orang Farisi itu degil karena hatinya tidak tergerak oleh belas kasihan. Seorang pendoa dan rajin ke gereja adalah dia yang berbelas kasih dan peduli kepada sesama.

ALLAH YANG MAHAKASIH, JAUHKANLAH DARI DIRI KAMI KEDEGILAN HATI. SEMOGA KAMI MEMILIKI HATI SEPERTI HATI-MU YANG PENUH BELAS KASIH. AMIN.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Rabu 20 Januari 2021"