Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Sabtu 16 Januari 2021

Renungan Hari Sabtu 16 Januari 2021

Renungan Hari Sabtu 16 Januari 2021

DOKTER YANG BAIK

Dr. Lie Dharmawan adalah seorang dokter yang sungguh dermawan sesuai namanya. Dia mendirikan Rumah Sakit Apung untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di daerah miskin dan terpencil di Indonesia yang tidak terjangkau pelayanan kesehatan. 

Dr. Lie pernah berujar: “kalau kamu jadi dokter, jangan memeras orang miskin. Mungkin mereka bisa membayar kamu berapapun. Tetapi diam-diam mereka menangis di rumah karena tidak punya uang untuk membeli beras”. Dr. Lie menjalankan misi kemanusiaan, menyelamatkan nyawa orang sakit yang tak punya biaya berobat.

Injil Markus (2:17), Yesus menegaskan misinya: menyelamatkan jiwa yang sakit karena dosa. Orang-orang Farisi dan para ahli Taurat mengkritik Yesus yang mendekati para pemungut cukai dan orang berdosa. 

Bagi kaum pengkritik Yesus, para pemungut cukai dan orang berdosa adalah masyarakat terbuang dalam agama Yahudi. Mereka tak pantas diselamatkan karena dianggap tidak taat pada Taurat. Para pemungut cukai dibenci karena menjadi kaki tangan penjajah dan pengkhianat bangsa sendiri. 

Tokoh agama yang seharusnya membawa orang-orang yang terbuang itu malah makin menjauhkan mereka dari bait Allah. Yesus menegur cara pandang keliru itu dengan menyatakan maksud kedatangan-Nya yaitu menyelamatkan orang berdosa.

Kehadiran Gereja adalah kehadiran yang menyelamatkan bukan menyingkirkan mereka yang imannya mulai lemah. Para pengikut Kristus harus sadar akan tugasnya yaitu menyelamatkan jiwa-jiwa yang mulai jauh dari Tuhan. 

Terkadang kita menjadi seperti orang Farisi dan para ahli Taurat. Kita suka menggosipkan mereka yang mulai tidak aktif di Gereja. Tanpa sadar kita membiarkan mereka makin jauh dari lingkungan Gereja. Hendaknya kita tidak memelihara kesombongan rohani tetapi selalu mau merangkul mereka yang mulai kehilangan arah. Tugas kita menjadi dokter yang murah hati bagi mereka yang sakit imannya. (JCS)

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Sabtu 16 Januari 2021"