Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Kamis 11 Februari 2021

Renungan Hari Kamis 11 Februari 2021

Renungan Hari Kamis 11 Februari 2021

Hari ini, kita merayakan Hari Orang Sakit Sedunia (HOSS). Peringatan ini mulai dirayakan pada 11 Februari 1993, setelah ditetapkan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 13 Mei 1992, setahun setelah ia dinyatakan menderita parkinson. Hari ini juga, hari Pesta Bunda Maria dari Lourdes. 

Kita ingin juga mengikutsertakan Bunda Maria dalam penyembuhan orang sakit. Pada hari ini kita diajak untuk melakukan tiga hal ini, yang menjadi dasar penetapan HOSS oleh Paus Yohanes Paulus II:

Berdoa untuk mereka yang sakit;

  • Merefleksikan penderitaan manusia dalam terang penderitaan Kristus sendiri; dan
  • Menghormati dan berdoa bagi mereka yang berkarya dalam bidang kesehatan.
  • Peringatan ini membuktikan bahwa manusia tidak hidup sendirian di dunia. Manusia membutuhkan saudara, teman, kawan, sahabat (socius) dalam hidupnya.

Dalam bacaan pertama ditegaskan, Allah sendiri mengatakan bahwa tidak baik, jika manusia itu sendirian, maka baiklah jika dibuat seorang penolong yang sepadan dengannya. Maka, Allah menciptakan perempuan. Demikian laki-laki dan perempuan itu adalah komunitas sosial yang pertama. Perempuan yang menjadi penolong bagi laki-laki diciptakan dari tulang rusuknya dan sepadan dengan laki-laki. 

Dua bukti sejak penciptaan bahwa perempuan setara dengan laki-laki. Dengan itu keduanya membentuk komunitas otonom. Manusia juga diciptakan bersama ciptaan lain: hewan dan tumbuhan. Manusia adalah makhluk ekologis yang selalu memperhatikan kebersamaannya dengan ciptaan yang lain. 

Persekutuan manusia dengan sesama dan alamnya sering rusak karena dosa yang didalangi oleh Iblis. Demikian juga kesehatan manusia sering menjadi rapuh karena kekuatan jahat. Namun, Yesus dalam bacaan Injil mengusir roh jahat dari seorang anak. Yesus adalah penjamin keharmonisan hidup seluruh ciptaan.

Ya Tuhan, berikan kami kesehatan, sembuhkan sesama kami yang sakit, dan lindungilah mereka yang berkarya dalam bidang kesehatan. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Kamis 11 Februari 2021"