Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Minggu 21 Februari 2021

Renungan Hari Minggu 21 Februari 2021

Renungan Hari Minggu 21 Februari 2021

Salah satu aspek penting dalam kehidupan kita adalah perjanjian dengan berbagai bentuk dan jenis persyaratannya. Dalam sejarah keselamatan, perjanjian juga menjadi sebuah dimensi penting. 

Dalam bacaan pertama pada hari ini, kita membaca perjanjian antara Allah dan Nuh bersama semua makhluk hidup. Allah akan menyertai Nuh dan semua isi bumi dan tentu saja dari pihak Nuh mesti ada kesetiaan. 

Salah satu aspek yang selalu ditekankan adalah pertobatan. Air bah adalah simbol purifikasi dosa, dan setelahnya Nuh dan semua keturunannya tidak boleh lagi melakukan dosa. Dengan itu, tidak akan ada lagi air bah.

Dalam bacaan kedua, Santo Petrus menekankan bahwa air bah Nuh sekarang telah menjadi air pembaptisan yang menyelamatkan manusia. Air pembaptisan memurnikan hati supaya bersemi hati nurani yang baik. Air pembaptisan beriringan dengan kesadaran tobat manusia. Kristus yang telah dibaptis di sungai Yordan, berpuasa dan dicobai Iblis. Setelah itu Yesus mewartakan pertobatan.

Ya Tuhan, dengan menerima sakramen-sakramen, terutama Sakramen Baptis, kami Kau murnikan dari dosa, supaya tumbuh hati nurani yang jernih. Dengan itu, kiranya kami selalu bertobat setiap kali jatuh dalam dosa. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com


Post a Comment for "Renungan Hari Minggu 21 Februari 2021"