Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Sabtu 13 Februari 2021

Renungan Hari Sabtu 13 Februari 2021

Renungan Hari Sabtu 13 Februari 2021

Telanjang atau ditelanjangi secara sosial adalah pengalaman yang tidak enak. Dosa atau kesalahan menyebabkan telanjang. Ketika dosa itu diketahui dan terbuka kepada umum. Itulah kira-kira yang dialami Adam dan Hawa setelah jatuh dalam dosa karena melawan perintah Tuhan dengan makan buah dari pohon yang ada di tengah Taman Eden. 

Dosa melahirkan dosa. Adam mengambinghitamkan Hawa atas dosa yang telah mereka lakukan. Hawa mempersalahkan ular yang menawarkan buah itu kepadanya. Belum ada kesadaran dan kejujuran untuk mengakui kesalahan. 

Inilah masalah manusia berdosa. Akibat dosa adalah permusuhan, penderitaan, kesulitan hidup, dan keterasingan. Itulah kisah kejatuhan manusia dalam Kitab Kejadian yang kita baca atau dengar hari ini.

Manusia yang jatuh harus diangkat. Manusia berdosa harus dibebaskan. Mereka yang jatuh dan terpenjara oleh dosa adalah mereka yang lapar dan haus akan kebenaran dan keadilan ilahi. Kristus datang untuk membebaskan mereka dan memenuhi rasa lapar dan haus mereka. 

Sabda, kesehatan, dan roti adalah tiga hal yang selalu dibawa oleh Yesus dalam karya-Nya. Ini adalah pembebasan integral yang dibawa oleh Yesus kepada manusia. Demikian dalam Injil pada hari ini, kita mendengar Yesus yang memberi makan lima ribu orang. Ia memberi mereka makanan untuk badan lewat roti dan makanan jiwa lewat sabda-Nya. 

Kristus adalah pembebas, penutup ketelanjangan manusia akibat dosa. Ia sendiri ditelanjangi, dan Ia ingin supaya kita menelanjangi diri dalam dan dengan pertobatan, dan kemudian mengenakan pakaian spiritual yang baru.

Ya Tuhan, karena dosa kami sering ditelanjangi dan menelanjangi orang lain, sehingga kami bermusuhan dan terasing dari diri sendiri dan sesama. Berilah kami kekuatan agar terus-menerus mengupayakan pertobatan. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Sabtu 13 Februari 2021"