Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Senin 08 Februari 2021

Renungan Hari Senin 08 Februari 2021

Renungan Hari Senin 08 Februari 2021

Alam adalah sesuatu yang indah dan harmoni. Dalam bahasa Yunani seluruh alam disebut cosmos yang berarti jagad raya, indah, teratur, harmoni dan cantik. Keindahan, keteraturan dan keharmonisan alam semesta tak terlepas dari sang Pencipta, yaitu Allah sendiri. 

Demikian dikisahkan dalam Kitab Kejadian dalam bacaan pertama. Allah menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan dan dengan ber-“Firman”; Allah berfirman, maka semua yang dikehendaki-Nya, ada dan terjadi. 

Allah mulai menjadikan dunia anorganik, objek-objek alam lalu kemudian diikuti oleh dunia organik (hewan dan tumbuhan). Keduanya dan seluruh lingkungan sekitarnya adalah satu kesatuan yang utuh. Ketiadaan menjadi ada, kekosongan menjadi penuh dan berisi , itulah karya Allah, Sang Ada untuk semua.

Kisah penciptaan alam semesta oleh Allah menunjukkan bahwa alam itu sakral dan harus dihormati, walaupun boleh digunakan untuk kepentingan manusia. Pengrusakan atau kekerasan terhadap alam menimbulkan berbagai macam penderitaan, namun Allah Maharahim dan penuh belas kasih. 

Ia ingin membebaskan manusia yang menderita, mungkin secara langsung atau tak langsung akibat kekerasan dosa. Itulah yang ditunjukkan Yesus dalam bacaan Injil. Yesus menyembuhkan banyak orang sakit. Ia membawa pembebasan bagi mereka. Manusia dibebaskan dari kekerasan hidup, akibat dosanya sendiri.

Ya Tuhan, bebaskanlah kami dari rasa cemburu dan iri hati yang membawa kami kepada kekerasan terhadap sesama. Semoga Kau bebaskan dari segala penderitaan, supaya kami mengalami kedamaian hidup. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Senin 08 Februari 2021"