Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Selasa 07 September 2021

Renungan Hari Selasa 07 September 2021

Renungan Hari Selasa 07 September 2021

Injil hari ini, Pilihan Allah berdasarkan kedaulatan dan rencana-Nya.

Betapa girangnya hati Bella ketika ia dipilih untuk mewakili kantornya dalam kepanitiaan perayaan HUT kantor nasional mereka yang ke-50. Dalam kegirangan itu Ranti maupun rekan-rekan lainnya sadar bahwa mereka dipilih bukan karena prestasi atau pun dedikasi mereka tetapi karena ditentukan oleh pimpinan mereka.

Sebelum Yesus memilih 12 belas murid dari antara murid-murid-Nya yang selama ini mengikut Dia, Ia berdoa semalam-malaman kepada Allah (ayat 12). Pemilihan murid adalah hal yang serius, tidak boleh dibuat main-main. 

Pemilihan murid adalah untuk misi Yesus, oleh karenanya Yesus tidak memilih berdasarkan kriteria subyektif-Nya, melainkan Ia menyerahkan pemilihan itu kepada kedaulatan Allah Bapa di surga. 

Selepas berdoa, Yesus mengumpulkan para murid-Nya, lalu memilih duabelas dari antara mereka untuk menjadi rasul-Nya. Rasul berarti ‘orang yang diutus untuk mewakili.’ Berarti, mereka adalah pilihan Allah bagi Yesus untuk mewakili Yesus dalam melaksanakan dan menggenapi rencana Allah di dalam dan melalui Yesus.

Yesus memilih para rasul sesuai dengan kehendak Allah. Hal menarik yang Lukas sampaikan di sini adalah ia mencantumkan komentarnya mengenai Yudas Iskariot sebagai rasul yang kemudian mengkhianati Yesus (ayat 16). 

Apakah pemilihan Yesus salah? Tentu tidak, karena Allahlah yang memilih melalui Yesus. Lalu, apa rencana Allah dibalik pemilihan Yudas Iskariot? 

Saat ini belum jelas. Akan tetapi, kita boleh yakin pada satu hal yaitu bahwa semua yang Allah rencanakan pasti untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya, termasuk pengkhianatan Yudas kelak menjadi jalan untuk kematian Kristus yang menyelamatkan itu.

Renungkan: Jangan membanggakan diri dengan berkata “saya umat pilihan”. Sebaliknya, dengan rendah hati naikkanlah syukur dan hidupi panggilan mulia itu dengan setulus-tulusnya.

DOA: Bapa surgawi, tolonglah aku untuk dapat mencari Engkau dalam doa setiap hari Nyatakanlah kepenuhan kasih-Mu dan hidup-Mu bagiku. Biarlah kuasa-Mu yang dapat mentransformasikan mengalir melalui diriku kepada siapa saja yang kutemui. Amin. (Lucas Margono)

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com


Post a Comment for "Renungan Hari Selasa 07 September 2021"