Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Jumat 15 Januari 2021

Renungan Hari Jumat 15 Januari 2021

Renungan Hari Jumat 15 Januari 2021

KEBUTUHAN AKAN PENYEMBUHAN

Bekerja untuk membangun dunia, beristirahat untuk membangun manusia. Dari hari Senin sampai hari Jumat manusia bekerja, hari Sabtu dan Minggu beristirahat. Ketika bekerja, manusia mencari nafkah, dan ketika beristirahat manusia membangun hidupnya sendiri, relasi dengan keluarga dan sesamanya dan membangun relasi dengan Tuhan dengan beribadah. Perlu ada keseimbangan antara bekerja dan beristirahat, antara mencari nafkah dan memanfaatkan yang didapatnya untuk membangun kehidupan manusiawinya.

Surat kepada Orang Ibrani 4:4 mengingatkan kita bahwa “Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaan-Nya”. Hari ketujuh adalah hari Sabat, hari di mana Umat Yahudi masuk ke dalam Sinagoga untuk beribadah. 

Sama seperti Allah beristirahat pada hari yang ketujuh, demikian Umat Israel juga meneladan Sang Penciptanya untuk berhenti dari semua pekerjaannya, dan masuk ke dalam Bait Allah untuk berdoa, memuji dan memuliakan Allah. 

Dengan cara itu, maka Umat Allah membangun hidupnya, menjalin relasi dengan Allah dan sesamanya dan memberi makna pada semua pekerjaannya. Injil Markus 2:1-12 menceritakan Yesus berada di Kapernaum dan sedang mewartakan Firman ketika seorang lumpuh digotong oleh empat orang. Tidak disebutkan tempat ibadat dan harinya. 

Namun yang sangat menarik dari Injil Markus ini adalah ketika ditonjolkan tentang Yesus yang berada di rumahnya dan sedang mewartakan Firman, maka datanglah orang berkerumun, sampai tidak ada tempat lagi, juga di muka pintu. Barangkali itu terjadi pada hari Sabat dan Yesus sedang mewartakan Firman di Bait Allah walaupun tidak disebutkan oleh Penginjil Markus.

Kita semua adalah orang-orang lumpuh yang perlu disembuhkan oleh Tuhan Yesus. Kita lumpuh secara rohani karena kita berdosa dan kita membutuhkan bantuan sesama berupa teguran dan nasehat, bahkan pengampunan dosa dari Imam supaya kita bisa berdiri dan berjalan lagi. Yesus melihat kita dan bersabda, “dosamu sudah diampuni”(Mrk.2:5). Itulah Sabda Pengampunan Tuhan yang selalu kita dambakan. (SH)

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com 

Post a Comment for "Renungan Hari Jumat 15 Januari 2021"