Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Kamis 21 Januari 2021

Renungan Hari Kamis 21 Januari 2021

Renungan Hari Kamis 21 Januari 2021

Sebagai murid Yesus, kita seperti banyak orang dalam Injil, yang dengan banyak cara datang ke aneka tempat terjadi mukjizat. Bila ada penampakan Bunda Maria di suatu tempat, orang-orang pun berbondong-bondong datang ke sana. Demikian juga ketika ada kisah Ponari, dukun cilik asal Megaluh- Jombang, banyak orang datang ke desa itu untuk bisa “menyentuh” agar disembuhkan.

Kabar tentang mukjizat yang dilakukan Yesus menarik perhatian orang banyak dari berbagai wilayah. Berbagai upaya mereka lakukan agar dapat menemui Dia, bahkan untuk menyentuh Dia. Sayangnya, kesediaan mereka mengikuti Yesus hanya karena merasa tertarik pada mukjizat yang diperbuat Yesus. Itu sebabnya Tuhan mengambil jarak, menghindar dari orang banyak dengan naik ke perahu. Hampir senada dengan itu, Yesus juga melarang keras pengakuan roh -roh jahat bahwa Ia adalah Anak Allah.

Mungkin kita akan bertanya-tanya, mengapa Tuhan menghindari desakan orang banyak dan juga melarang pengakuan tentang identitas-Nya? Bukankah Yesus sesungguhnya adalah Anak Allah? 

Memang benar. Akan tetapi, status Anak Allah bukan hanya dinyatakan dalam bentuk demonstrasi kuasa atau mukjizat yang spektakuler. Kemesiasan Yesus dinyatakan juga melalui penderitaan atau jalan salib; sesuatu yang jelas tidak disukai manusia. 

Kepada para murid. Yesus menegaskan bahwa mengikuti Dia karena mukjizat bisa saja membuat mereka akan sangat kecewa. Menjadi murid-Nya adalah mengikuti jalan salib-Nya dengan setia. Jalan salib memang tidak popular untuk membentuk kemuridan dibanding dengan mukjizat dan penyembuhan. Akan tetapi, itulah Kerajaan lewat salib Yesus menegaskan kesetiaan dan cinta kepada manusia.

Allah Bapa di surga, kami kerap kali tidak berani memikul salib. Ajarlah kami untuk setia menapaki jalan salib hidup kami sendiri sebagaimana ditunjukkan Putra-Mu. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com


Post a Comment for "Renungan Hari Kamis 21 Januari 2021"