Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Senin 11 Januari 2021

 

Renungan Hari Senin 11 Januari 2021

Renungan Hari Senin 11 Januari 2021

Penjala ikan menjadi penjala manusia

Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes adalah murid -murid pertama yang dipanggil Yesus. Keempat orang itu dipanggil saat mereka sedang bekerja. Mereka berlelah dan bekerja untuk menghidupi keluarganya. Pekerjaan yang mereka geluti adalah nelayan. Tetapi ada apa dengan Yesus sehingga tiba-tiba saja Ia datang menghampiri dan tanpa basa basi memanggil mereka?

Sebenarnya panggilan Yesus bukanlah tiba-tiba. Ada tiga hal menarik ditemukan di sana. Yesus sementara berjalan, melihat dan kemudian memanggil. Jadi sesungguhnya panggilan Yesus kepada murid-murid-Nya sudah melalui beberapa proses atau tahapan. Ingat, selama 30 tahun sebelum tampil di depan publik, Yesus telah berjalan ke mana- mana. Ia sudah melihat dan mengamati dari dekat masyarakat sebangsa-Nya dan kini tibalah saat bagi-Nya untuk menentukan pilihan.

Tapi hal lain yang menarik pula adalah Yesus memanggil mereka dengan menggunakan kata-kata yang sederhana dan membumi, bahasa yang sesuai dengan identitas para nelayan. Yesus menggunakan kata-kata yang sederhana dan membumi, bahasa yang sesuai dengan identitas para nelayan. Yesus menggunakan istilah ‘penjala ikan menjadi penjala manusia’.

’Ikutlah Aku, kamu akan Kujadikan penjala manusia’. Yesus membuat para murid yang dipanggil-Nya mengerti dengan sangat gampang bahwa tugas baru mereka tidak lagi berurusan dengan ikan tetapi manusia. Hidup mereka menjadi jala. Jala yang akan menangkap orang untuk keselamatan.

Kita semua adalah orang yang dipanggil Tuhan. Tuhan telah berjalan bersama dengan kita. Ia melihat dari dekat siapa kita dan hidup kita. Ia mengenal kita. Bahkan Ia memanggil kita dengan nama kita masing-masing. 

Yesus sangat menghargai potensi yang kita miliki. Ia mau memakai kita sebagai perpanjangan tangan-Nya. Latarbelakang dan profesi kita menjadi jalan bagi pelayanan. Marilah menjadi orang-orang yang memiliki orientasi keselamatan.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Senin 11 Januari 2021"