Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Jumat 05 Februari 2021

Renungan Hari Jumat 05 Februari 2021

Renungan Hari Jumat 05 Februari 2021

Menjadi manusia baik dan benar, supaya hidup menjadi indah, adalah impian semua orang. Dalam bacaan pertama, ada beberapa syarat untuk itu. Pertama, membantu mereka yang berkekurangan dan mereka yang tersudutkan dan terpinggirkan. 

Kedua, menjaga kesucian perkawinan, dan jangan mencemarinya. Ketiga, jangan menjadi hamba uang. Keempat, memperhatikan pemimpin yang menyebarkan iman dan merawatnya. 

Dalam bacaan Injil, Herodes rupanya tidak bisa mempertahankan keempat hal ini. Berbanding terbalik dengan Yohanes Pembaptis. Herodes yang mencermati perkawinannya dikritik Yohanes Pembaptis. Akibatnya Yohanes Pembaptis harus kehilangan nyawanya.

Keberanian moral dan spiritual Yohanes Pembaptis menjadi model bagi orang beriman dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan dalam masyarakat. Kita dapat menjadi seperti Yohanes Pembaptis yang mampu mempertahankan keutamaan iman karena Kristus adalah dasar iman kita. 

Kristus itu kekal: kemarin, hari ini, dan selamanya (Ibr. 13:8). Kuasa-Nya besar karena Ia Tuhan. Ini yang membingungkan banyak orang dan Herodes. Ada yang menyamakan-Nya dengan semua nabi, dan hal itu bisa saja, karena Kristus adalah Nabi dari semua nabi. Semua nabi mempersiapkan kedatangan-Nya.

Ya Bapa, semoga kami mampu membela yang lemah, mempertahankan kesucian hidup, tidak menjadi hamba materi dan mampu menghormati mereka yang menjadi teladan dalam hal iman. Dengan itu kiranya kami berani menegakkan kebenaran dan keadilan dalam masyarakat kami. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Jumat 05 Februari 2021"