Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Selasa 09 Februari 2021

Renungan Hari Selasa 09 Februari 2021

Renungan Hari Selasa 09 Februari 2021

Sering ada ketegangan antara iman dan kebiasaan hidup sehari-hari, antara perintah agama dan aturan di tempat kerja dan jabatan, antara hukum Allah dan perintah manusia, antara perintah Allah dan adat-istiadat manusia. 

Keduanya kadang-kadang sulit didamaikan. Itu yang kita dengar dalam bacaan Injil. Pertanyaannya, mana yang substansial atau paling dasar dan menjadi tiang dalam hidup manusia? Perintah Allah tidak boleh dikesampingkan demi adat-istiadat manusia. 

Mendamaikan keduanya adalah yang ideal, namun tak selalu gampang. Kemurnian hati dan keutamaan hidup yang mendatangkan kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akhirat adalah tujuan utama dari semua aturan. Karena itu yang paling penting adalah soal disposisi batin dari penerima dan pelaksana kedua jenis perintah atau prinsip hidup tersebut.

Kebersihan dan penampilan luar memang penting, tetapi yang paling penting adalah hati dan jiwa yang bening. Karena itulah tujuan semula Allah menciptakan manusia, yaitu menjadi serupa dengan Allah: manusia diciptakan seturut gambar dan rupa Allah (Kej. 1:26-27). 

Allah menciptakan segala sesuatu baik adanya. Dosa manusia merusakkannya. Allah, dalam diri Yesus Kristus, ingin memulihkannya. Pemulihan itu mulai dari perubahan hati manusia, dan bukannya dengan menciptakan aturan yang malah membebankan manusia.

Ya Allah, sadarkan kami bahwa dalam diri kami ada benih ilahi. Jauhkan kami dari sikap mendewakan aturan yang justru membuat kami kerdil. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com


Post a Comment for "Renungan Hari Selasa 09 Februari 2021"