Renungan Hari Kamis 14 September 2023

Renungan Hari Kamis 14 September 2023

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Kamis 14 September 2023 dalam Bacaan Injil hari ini Yohanes 3:13-17

“Pesta Salib Suci”, hari kemenangan Salib Kristus. Hari ini adalah hari pada saat mana kita hendaknya menoleh jauh ke belakang dan melihat apa yang telah dilakukan serta dialami oleh Yesus di Kalvari.

Sebuah peristiwa yang sangat sulit diterima oleh pikiran manusia, apabila dirinya belum dicerahkan oleh Roh Kudus. Lewat peristiwa kematian di kayu salib itu, kita – para murid-Nya – pun, ditinggikan dalam Dia dan mampu melihat kemenangan-Nya yang sangat mengagumkan.

Peninggian Yesus dalam Injil Yohanes yang kita renungakan hari ini menunjuk kepada “ular tembaga” yang harus ditinggikan ketika bangsa Israel ketika masih berkelana di padang gurun menuju tanah terjanji,

dan diserang oleh ular-ular tedung seperti digambarkan dalam Kitab Bilangan: ‘Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup.’ (Bil 21:8).

“Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:14-15). Dengan firman ini sangat jelaslah bahwa peninggian Anak Manusia mengacu pada penyaliban Yesus.

Hari ini, pada Pesta Salib Suci ini, marilah kita bersukacita atas karya salib Kristus dan dengan penuh keyakinan masuk ke dalamnya. Salib Kristus masih memiliki kuat-kuasa bagi kita pada hari ini,

dan Allah memaksudkan salib itu agar membawa hidup dan pertolongan bagi kita. Sadarlah bahwa Yesus yang tersalib membawa keselamatan Allah bagi kita semua yang percaya pada-Nya.

Doa Penutup

Ya Allah, Engkau menghendaki Putra Tunggal-Mu menanggung salib demi keselamatan umat manusia. Perkenankanlah kami, yang menghormati misteri salib Putra-Mu di dunia, kelak menerima anugerah penebusan di surga.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Renungan Hari Kamis 14 September 2023, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url