Gua Maria Tritis - Paroki St. Petrus Kanisius

Gua Maria Tritis - Paroki St. Petrus Kanisius, Dsn. Bulu, Ds. Giring, Kec. Paliyan, Kab. Gunung Kidul - Wonosari.

Gunungkidul tidak hanya mempunyai tempat wisata alam seperti yang terkenal selama ini seperti wisata pantai, pegunungan, air terjun dan juga wisata Embung Namun ternyata Gunungkidul juga menyimpan tempat wisata religi.

Wisata Religi umat Katolik ini bernama Gua Maria Tritis atau GMT Gunungkidul. Goa Maria Tritis ini adalah tempat ziarah dan tempat berdoa bagi umat Katholik.

Goa Maria Tritis ini masuk dalam Gereja Paroki Wonosari yang merupakan Paroki terbesar di kabupaten Gunungkidul.

Goa Maria Tritis ini terletak di dusun Bulu, desa Giring, kecamatan Paliyan, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Goa Maria Tritis Gunungkidul -8.082553,110.556561

Dari kota Yogyakarta Goa Maria Tritis ini berjarak kurang lebih 60km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit.

Goa Maria Tritis ini Berada di dekat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Sekaligus Jalur Wisata Pantai Baron dan Sekitarnya.

Ada Dua Rute Menuju Goa Maria Tritis

Rute Pertama

Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari > perempatan Sampaan > kids fun > pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > Sambi pitu > Hutan Bunder > Gading (lapangan terbang) > Pertigaan setelah Lapangan Terbang belok kiri > Playen > Tugu selamat datang Wonosari > Siono ( bundaran ) > lurus saja melalui kota wonosari > Pemda Gunungkidul > Pasar Wonosari > ada pertigaan kedua belok kanan menuju jl.baron > Karang rejek > mulo > Kemadang > lihat plakat (ada pertigaan ambil arah ke Goa Maria Tritis) > ada Pertigaan tepatnya di tanjakan belok kanan kemudian masuk di Jalur Lintas Selatan > sekitar 2km lihat Kanan jalan sampai di parkiran > Goa Maria Tritis.

Rute ke Dua

Yogyakarta > jl. Wonosari. > Piyungan > bukit bintang > Patuk > Sambipitu > Gading (setelah Lapangan Terbang ada pertigaan ambil ke arah kanan ) > Pasar Playen > Kecamatan Playen > ambil arah menuju Paliyan > Pasar Paliyan ke selatan > Poslapur TNI lurus saja > Sampai di Pertigaan pasar Trowono ambil arah kiri > masuk Jalur JJLS > Singkil > lihat kiri jalan sampai di parkiran > Goa Maria Tritis.

Kembali Ke Daftar Gua Maria Di Indonesia

Demikianlah Gua Maria Tritis - Paroki St. Petrus Kanisius, semoga bermanfaat.