Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Jumat 12 Februari 2021

Renungan Hari Jumat 12 Februari 2021

Renungan Hari Jumat 12 Februari 2021

Efata: terbukalah! Penyakit dan dosa menyebabkan manusia secara fisik dan batin tertutup. Tertutup kepada yang baik, kepada Tuhan, dan kepada lingkungan fisik dan sosial di sekitarnya. Tuli dan bisu demikian keadaan seseorang yang dibawa kepada Yesus. 

Orang itu menjadi seperti orang dalam penjara. Yesus membuka penjara fisik dan batin orang tersebut, dan dia berada dalam dunia bebas. Yang menarik adalah Yesus menggunakan ludah. Ludah, meludahi sering menjadi ekspresi menghina, mencibir, merendahkan orang. Akan tetapi, Yesus meludahi untuk menyembuhkan dan memuliakan sesama.

Ucapan Yesus “Efata” dan tindakan-Nya meludahi tanah dan mengolesi telinga si tuli adalah juga tindakan menyembuhkan dan melindungi dari kekuatan jahat, Si Iblis yang selalu menggoda manusia. Godaan setan telah terjadi pada manusia pertama. 

Setan selalu mau memisahkan kita dari Tuhan dengan cara membuat kita mencurigai perintah Tuhan dan melawan-Nya. Itu yang terjadi pada Adam dan Hawa yang dikisahkan dalam bacaan pertama. 

Ketika mulut, mata, telinga dan hati kita tertutup terhadap Tuhan dan perintah-Nya, maka kita dengan mudah mengikuti bujukan dan godaan setan. Maka sabda Yesus hari ini, “Efata”, “Terbukalah” menjadi sangat penting.

Ya Tuhan, jamalah mata, telinga, mulut, rasa dan hati kami agar selalu terbuka kepada Dikau, sehingga kami dijauhkan dari bujukan si jahat dan disembuhkan dari segala macam kelmeahan dan penyakit. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com


Post a Comment for "Renungan Hari Jumat 12 Februari 2021"