Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Hari Selasa 16 Februari 2021

Renungan Hari Selasa 16 Februari 2021

Renungan Hari Selasa 16 Februari 2021

Perbuatan, tindakan, dan pikiran dosa sekali dilakukan akan berkembang terus. Benih dosa akan berkembang, jika tanah atau lingkungan untuk itu subur. Dosa kemudian menjadi sebuah kebiasaan, sebuah habitus kehidupan, dan tidak dianggap dosa lagi. Itulah yang terjadi pada zaman Nuh seperti dikisahkan dalam Kitab Kejadian dalam bacaan pertama pada hari ini. 

Melihat kecenderungan hati manusia yang tidak bisa lagi melihat kebaikan, Allah menurunkan air bah selama empat puluh hari. Semua manusia dan kehidupan mati, kecuali Nuh dan orang-orangnya, dan semua hewan dan tumbuhan yang diselamatkan dalam bahteranya. Allah membersihkan untuk menumbuhkan tunas kehidupan yang baru. Nuh adalah sisa kecil yang setia dan jujur.

Salah satu hal yang menyebabkan kejahatan adalah nafsu kuasa dalam bidang apa saja. Kuasa dan kekuasaan sejatinya adalah sebuah otoritas yang melayani demi kebaikan bersama. 

Namun, ketika menyimpang, maka dia akan menjadi malapetaka. Karena itu, Yesus mewanti-wanti para murid-Nya untuk berjaga-jaga, waspada selalu. “berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes” (Mrk. 8:15). 

Orang Farisi dan Herodes adalah simbol kekuasaan agama dan politik. Ragi adalah ajaran, ideologi, sistem, dan struktur yang mereka gunakan untuk menjalankan kekuasaannya sesuai dengan kepentingannya. Farisi terkenal dengan kemunafikannya, Herodes terkenal dengan kelicikan dan kebengisannya. Hati-hatilah terhadap pengaruh roh seperti itu.

Ya Tuhan, bebaskanlah kami karena dari kecenderungan dosa. Ajarlah kami untuk menyadari pengaruh dan benih dosa yang ada dalam pikiran, perasaan, keinginan, tindakan, dan perbuatan kami secara pribadi maupun secara bersama dalam masyarakat. Semoga kami menjadi ragi yang baik bagi semua orang. Amin.

Sumber https://carekaindo.wordpress.com/ 

Sumber gambar google.com

Post a Comment for "Renungan Hari Selasa 16 Februari 2021"