Bacaan Injil Hari Sabtu 30 Oktober 2021

Bacaan Injil Hari Sabtu 30 Oktober 2021

Bacaan Injil Hari Sabtu 30 Oktober 2021

Kalender Liturgi 30 Okt 2021

Sabtu Pekan Biasa XXX

Santo Marcellus, Martir

Bacaan I: Rm 11:1-2a.11-12.25-29

Jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka berarti lain daripada hidup dari antara orang mati?

Saudara-saudara, mungkinkah Allah menolak umat-Nya? Sekali-kali tidak! Sebab aku sendiri pun orang Israel, dari keturunan Abraham, dari suku Benyamin. Allah tidak menolak umat-Nya yang telah Dia pilih. Maka aku bertanya: 

Apakah bangsa Israel tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi karena pelanggaran mereka keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka menjadi cemburu. 

Jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain,apalagi kesempurnaan mereka. Saudara-saudara, hendaknya kalian mengetahui rahasia ini, agar jangan menganggap dirimu pandai. 

Sebagian dari bangsa Israel telah menjadi tegar hati sampai segenap bangsa lain masuk. Dengan demikian akhirnya seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis, “Dari Sion akan datang Penebus. Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari Yakub. 

Inilah perjanjian-Ku dengan mereka,apabila Aku menghapuskan dosa mereka.”Mengenai Injil, orang-orang Israel adalah musuh Allah oleh karena kalian, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

Mazmur Tanggapan: Mzm 94:12-13a.14-15.17-18

Ref: Tuhan tidak akan membuang umat-Nya.

Berbahagialah orang yang Kauhajar, ya Tuhan, yang Kauajari Taurat-Mu; hatinya akan tenang di hari-hari malapetaka.

Sebab Tuhan tidak akan membuang umat-Nya, dan milik pusaka-Nya tidak akan Ia tinggalkan,sebab hukum akan kembali kepada keadilan,dan semua orang yang tulus hati akan mematuhi.

Jika bukan Tuhan yang menolong aku,sudah lama aku merunduk di tempat sunyi. Ketika aku berpikir, “Kakiku goyang” kasih setia-Mu, ya Tuhan, menopang aku.

Bait Pengantar Injil: Mat 11:29ab

Terimalah beban-Ku dan belajarlah pada-Ku,sebab Aku lemah lembut dan rendah hati.

Bacaan Injil: Luk 14:1.7-11

Barangsiapa meninggikan diri, akan direndahkan; dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditinggikan.

Pada suatu hari Sabat Yesus masuk rumah seorang pemimpin orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Melihat tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat terhormat,Yesus lalu mengatakan perumpamaan berikut,”Kalau engkau diundang ke pesta perkawinan,janganlah duduk di tempat kehormatan. 

Sebab mungkin ada undangan yang lebih terhormat daripadamu. Jangan-jangan orang yang telah mengundang engkau dan tamu itu berkata kepadamu,’Berilah tempat itu kepada orang ini.’Lalu dengan malu engkau harus pindah ke tempat yang paling rendah!

Tetapi apabila engkau diundang,duduklah di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata,’Sahabat, silakan duduk di depan.’Dengan demikian engkau mendapat kehormatan di mata semua tamu yang lain.Sebab barangsiapa meninggikan diri akan direndahkan;dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Baca juga Renungan Hari Sabtu 30 Oktober 2021

Sumber gambar google.com

Demikianlah Bacaan Injil Hari Sabtu 30 Oktober 2021, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url