Renungan Hari Senin 25 Desember 2023

Renungan Hari Senin 25 Desember 2023

Renungan Hari Senin 25 Desember 2023

1. Renungan Hari Senin 25 Desember 2023 Misa Malam

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Senin 25 Desember 2023. Dalam bacaan Injil Lukas 2:1-14 hari ini, bercerita tentang "Pada hari ini telah lahir Penyelamatmu"

Setelah empat minggu Adven, akhirnya kita sampai pada Hari Natal, dan dengan itu Kandang Natal muncul.

Itu adalah pemandangan yang lembut, dengan Maria dan Yusuf dan Bayi Yesus. Dan tentu saja, hewan-hewan itu. Ya, hewan-hewan itu, sapi dan keledai, dan dengan domba-dombanya datang kemudian bersama para gembala.

Tapi kenapa binatang? Nah, Bayi Yesus ditempatkan di dalam palungan, yaitu palungan tempat makan untuk hewan seperti sapi dan keledai.

Pernahkah kita bertanya-tanya apa yang dipikirkan hewan-hewan di Kandang Natal tentang Bayi Yesus?

Nah, bagi kita yang memelihara kucing di rumah, jika kita membawa kucing lain, walaupun lawan jenisnya, bisa dipastikan akan terjadi adu kucing.

Tetapi jika kita membawa anak kucing, atau mungkin bahkan anak anjing, maka kucing penghuni entah bagaimana akan mengambil peran "mengasuh bayi" dan merawat hewan kecil yang tak berdaya itu.

Ya, sungguh menarik bahwa bahkan hewan entah bagaimana memiliki kelembutan dan titik lemah untuk apa pun yang kecil dan tak berdaya.

Hewan seperti sapi, terutama banteng, bisa jadi temperamental, dan keledai bisa keras kepala. Tetapi mereka dapat merasakan Anak yang baru lahir di dalam palungan, dan dengan itu, mereka juga dapat merasakan bahwa itu adalah Pencipta mereka.

Tetapi seorang yang baru lahir, terlepas dari ketidakberdayaan dan kerapuhannya, entah bagaimana membangkitkan kelembutan dan titik-titik lemah kita dalam diri kita.

Dan itulah misteri Natal yang kuat, misteri Inkarnasi, Sabda yang menjadi daging, Tuhan yang menjadi manusia, dalam bentuk bayi lembut yang tak berdaya.

Dan Bayi yang tak berdaya dan lembut ini, Juruselamat yang baru lahir, akan membangkitkan kelembutan dan kelembutan yang ada di dalam diri kita, karena Dia datang untuk membawa kedamaian bagi semua orang.

Hewan-hewan di Kandang Natal juga merupakan simbol dari tujuan kedatangan Juruselamat.

Sapi adalah simbol pengorbanan. Artinya di sini adalah bahwa Yesus datang untuk mengorbankan diri-Nya untuk menyelamatkan kita.

Keledai adalah binatang beban. Artinya di sini adalah bahwa Yesus datang untuk menanggung beban kesalahan dan kelemahan kita dan untuk menyembuhkan kita.

Jadi bersama dengan Maria dan Yusuf, hewan-hewan di Kandang Natal mengungkapkan seluruh makna Natal dan siapa Yesus dan apa yang Dia lakukan untuk kita.

Selalu ada sesuatu yang dapat kita pelajari dari hewan, baik itu sapi, atau banteng, atau keledai, atau bahkan kucing dan anjing.

Hewan bisa menjadi lembut dan mereka juga memiliki titik lemah. Mereka bisa menanggung beban dan membuat pengorbanan.

Kita juga bisa melakukan semua itu. Kita yang diciptakan menurut gambar Juruselamat kita pasti bisa melakukan semua yang harus kita lakukan itu.

Ketika kita menanggung beban orang lain dengan kelembutan dan kasih sayang, dan membuat pengorbanan itu dengan cinta, maka akan ada kedamaian di bumi.

Doa Penutup

Allah dan Bapa kami, Engkau menjadikan Engkau malam yang amat kudus ini bermandikan sinar Terang sejati.

Semoga kami, yang sudah mengakui misteri Terang itu di dunia, kelak layak menikmati sukacita-Nya di surga. 

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

2. Renungan Hari Senin 25 Desember 2023 Misa Fajar

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Senin 25 Desember 2023. Dalam bacaan Injil Lukas 2:15-20 hari ini, bercerita tentang "Segala sesuatu yang mereka dengar dan lihat semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka."

Hari Natal telah tiba. Persiapan sudah usai, demam belanja sudah mereda, keheningan dan keheningan menyapa fajar hari baru ini; dan apa yang kita miliki? Nyaris tak terlihat, fajar hari ini menghadirkan sesuatu yang baru.

Dunia tampaknya tidak berbeda dari kemarin, matahari terbit, dan malam ini ia akan terbenam. Perang dan ketakutan akan pandemi masih mengancam manusia. Air mata masih mengalir.

Namun, ada yang berbeda saat ini. Seperti para Gembala, kita harus berkata, "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."

Malaikat mengumumkan, "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa."

Natal Fajar adalah janji surga baru dan bumi baru. Ini adalah hari yang dirindukan oleh para nabi zaman dahulu. Natal Fajar ini adalah awal dari pemenuhan janji Tuhan untuk menyelamatkan umat-Nya.

Kita menatap buaian hari ini. Kita melihat Bayi dan Bunda Suci-Nya.

Apakah Anda memperhatikan apa yang dikatakan Santo Lukas yang terjadi di akhir cerita hari ini?

Ketika para Gembala kembali ke rumah setelah melihat, mereka berubah. Mereka pulang dengan sukacita! Mengapa? 

Karena persis seperti yang diperintahkan! Kabar gembira yang besar tidak hanya untuk para Gembala, tetapi juga untuk dibagikan kepada semua orang. Mereka untuk Anda dan untuk saya.

Apa yang kita rayakan hari ini tidak akan pernah berakhir. Jika kita melanjutkan dari sini, kita juga, harus seperti para gembala, bernyanyi kegirangan!

Ketika dekorasi Natal kembali ke kotaknya, hati kita seharusnya tetap merayakan kelahiran penyelamat kita.

Yesus Kristus lahir. Para Malaikat menyanyikan pujian Tuhan, para Gembala bersukacita. Sukacita ini, yang akan dibagikan oleh semua orang, telah mencapai telinga kita. Kita, juga, bernyanyi dan bersukacita: dan mengapa, karena persis seperti yang diberitahukan kepada kita!.

Doa Penutup

Allah yang Mahakuasa, kami sudah disinari oleh Terang yang baru. Dialah Sabda-Mu yang menjadi manusia.

Semoga terang-Nya, yang bersinar dalam hati karena iman, bersinar juga dalam tindakan kami sehari-hari. 

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

3. Renungan Hari Minggu 25 Desember 2022 Misa Siang

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Pada Renungan Harian Senin 25 Desember 2023. Dalam bacaan Injil Yohanes 1:1-18 hari ini, bercerita tentang "Firman telah menjadi manusia."

Empat Misa dirayakan untuk hari raya Natal, dan masing-masing diberikan seperangkat bacaannya sendiri untuk membantu kita merenungkan kelahiran Kristus. Injil untuk Misa Malam Natal diambil dari awal Injil Matius.

Misa tengah malam memproklamasikan kelahiran Yesus menggunakan Injil Lukas.

Misa Natal Fajar pagi melanjutkan kisah kelahiran Yesus seperti yang ditemukan dalam Injil Lukas melalui kunjungan para gembala kepada bayi Yesus.

Dalam setiap pembacaan Injil ini, kita mendengar bagian-bagian dari Narasi Masa Bayi yang kita kenal.

Injil untuk Misa Natal hari ini diambil dari awal Injil Yohanes, tetapi Injil ini bukanlah Narasi Masa Bayi seperti yang ditemukan dalam Injil Matius dan Lukas.

Sebaliknya, Injil Yohanes dimulai dari permulaan, sebagaimana adanya, dan menyajikan kisah Penciptaan sebagai kerangka kerja untuk mewartakan Inkarnasi.

Kata-kata pembuka Yohanes, “Pada mulanya. . ., ”Menggemakan ayat pembuka dari Kitab Kejadian. Kerangka kerja ini mengajak kita untuk melihat kelahiran Yesus dari sudut pandang Tuhan.

Masing-masing Injil menjelaskan bahwa kelahiran Yesus adalah hasil inisiatif Allah. Namun demikian, Injil Yohanes menggarisbawahi bahwa ini adalah maksud ilahi sejak awal, sejak saat Penciptaan.

Yohanes Pembaptis diutus oleh Tuhan untuk bersaksi tentang Yesus, terang itu. Orang lain dalam Injil ini juga akan memberikan kesaksian tentang Yesus.

Pembaca diundang untuk menerima kesaksian ini, yang memberikan kesaksian tentang Yesus, Putra Allah.

Namun secara lebih langsung, tindakan dan perkataan Yesus itu sendiri akan membuktikan identitasnya dengan Tuhan sebagai Sabda Tuhan yang Berinkarnasi.

Misa pada Hari Natal ini dimaksudkan untuk membantu kita berhenti sejenak untuk merenungkan inti spiritual Natal.

"Firman itu menjadi manusia dan Dia tinggal di antara kita. Mengapa? Karena Tuhan begitu mencintai dunia sehingga Dia memberikan Anak-Nya yang tunggal", untuk kita dan untuk keselamatan kita.

Senang sekali melihat Anda semua di sini hari ini, karena kita di sini untuk menyatakan bahwa Natal lebih dari sekadar pertemuan keluarga sambil makan, atau terlibat dalam hiruk-pikuk Natal, atau libur kerja.

Saya percaya Anda semua ada di sini hari ini karena Anda memahami Natal sebagai perayaan iman.

Natal memang begitu; dan itu haruslah sebuah perayaan yang diilhami oleh iman, sebuah perayaan yang dimotivasi oleh iman dan penuh iman. Terima kasih telah menunjukkannya hari ini.

Selamat Natal untuk semuanya. Semoga semangat Natal - yaitu kasih Tuhan yang besar bagi kita - tetap hidup di hati kita dan dibagikan oleh semua orang dalam pemberian hadiah dan pertemuan Natal kita.

Semoga Anda semua memiliki perayaan Natal yang suci, bahagia dan bermakna!

Doa Penutup

Ya Allah, secara mengagumkan Engkau menciptakan manusia dengan martabat yang luhur, dan secara lebih mengagumkan lagi Engkau membaruinya.

Kami mohon perkenankanlah kami ikut serta dalam keilahian Kristus yang sudah berkenan menjadi manusia seperti kami. 

Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Selamat Hari Raya Natal Tahun 2022, Tuhan Memberkati

Demikianlah Renungan Hari Senin 25 Desember 2023, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url