Lilin Adven Telah Menyala

Lilin Adven Telah Menyala

Lilin Adven Telah Menyala

Setiap masa Adven kita lihat ada lingkaran Adven dengan 4 batang lilin, karangan tersebut selalu berbentuk lingkaran, karena lingkaran tidak mempunyai awal dan tidak mempunyai akhir, maka lingkaran melambangkan Tuhan yang abadi tanpa awal dan akhir.

Lingkaran Adven selalu dibuat dari daun-daun evergreen ( pinus/cemara ), dahan-dahan evergreen sama seperti namanya "Ever Green" senantiasa hijau, senantiasa hidup yang melambangkan Kristus, yang mati namun hidup kembali untuk selama-lamanya.

Evergreen juga melambangkan keabadian jiwa kita, Kristus datang ke dunia untuk memberikan kehidupan yang tanpa akhir bagi kita.

Empat batang lilin sudah dipasang pada lingkaran Adven, tiga batang lilin berwarna ungu dan satu batang lilin berwarna merah muda. Lilin-lilin itu melambangkan keempat Minggu dalam Masa Adven.

Seiring dengan bertambahnya terangnya Lingkaran Adven setiap Minggu dengan bertambah banyak lilin yang dinyalakan, kita pun diingatkan bahwa kelahiran Sang Terang Dunia semangkin dekat.

Warna-warna keempat batang lilin juga memiliki makna tersendiri.

Lilin ungu sebagai lambang pertobatan, warna ungu mengingatkan kita bahwa Adven adalah masa dimana kita mempersiapkan jiwa kita untuk menerima Kristus pada Hari Natal.

Lilin merah muda dinyalakan pada hari Minggu Adven ketiga yang disebut Minggu "Gaudete" dalam bahasa Latin yang berarti: "sukacita", melambangkan adanya sukacita ditengah masa pertobatan karena sukacita Natal hampir tiba.

Demikianlah Lilin Adven Telah Menyala, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url