Bacaan Injil Hari Sabtu 16 Oktober 2021

Bacaan Injil Hari Sabtu 16 Oktober 2021

Bacaan Injil Hari Sabtu 16 Oktober 2021

Kalender Liturgi 16 Okt 2021

Sabtu Pekan Biasa XXVIII

PF St. Margareta Maria Alacoque, Perawan, PF St. Hedwig, Biarawati, St. Gerardus dari Mayella, Beato, St. Gallus, Pengaku Iman

Bacaan I : Rm 4:13,16-18

Sekalipun tidak ada dasar untuk berharap,Abraham toh berharap dan percaya.

Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman. Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. 

Sebab Abraham adalah bapa kita semua,  seperti ada tertulis: “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa” di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada. 

Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”

Mazmur Tanggapan: Mzm 105:6-7,8-9,42-43

Refren: Selamanya Tuhan ingat akan perjanjian-Nya.

  • Hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya! Dialah TUHAN, Allah kita, ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi
  • Selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya, akan firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan: akan perjanjian yang diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak
  • Sebab Tuhan ingat akan firman-Nya yang kudus, yang disampaikan-Nya kepada Abraham, hamba-Nya. Ia menuntun umat-Nya keluar dengan kegirangan, dan orang-orang pilihan-Nya dengan sorak-sorai.

Bait Pengantar Injil:Yoh 15:26b.27a

Roh Kebenaran akan memberi kesaksian tentang Aku,dan kalian pun harus memberi kesaksian, sabda Tuhan.

Bacaan Injil: Luk 12:8-12

Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu, apa yang harus kalian katakan.

Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah. 

Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. 

Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Baca juga Renungan Hari Sabtu 16 Oktober 2021

Sumber gambar google.com

Demikianlah Bacaan Injil Hari Sabtu 16 Oktober 2021, semoga bermanfaat.

Baca Juga Injil, Renungan dan Santo Santa THEKATOLIK.COM Lainnya di Google News

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url